Kendalikan Pemutar Musik di Android dengan Navigasi ala Iron Man

Ditulis oleh: -

maharinfo.blogspot.com, California : Anda pasti sudah pernah menonton rangkaian seri film Iron Man? Di film superhero itu Anda kerap menyaksikan sang tokoh utama Tony Stark menavigasi komputer canggihnya hanya dengan melambaikan tangan. Teknologi navigasi gestur layaknya Toni Stark kini tidak hanya bisa terjadi di dalam film.


Setelah Microsoft beserta Samsung berhasil menerapkan navigasi gestur dengan memanfaatkan fasilitas kamera, kini hadir sebuah aplikasi navigasi gestur bernama Wave Control yang memungkinkan penggunanya untuk mengendalikan pemutar musik di perangkat Android tanpa harus menyentuh layar.


Dilansir laman Phandroid, Rabu (10/7/2013), berbeda dengan solusi teknologi navigasi gestur dari Microsoft dan Samsung, Wave Control menggunakan pendekatan teknologi proximity sensor (faktor jarak/kedekatan antara tangan si pengguna dengan sensor). Lewat metode ini, Wave Control diklaim mampu menghemat tingkat konsumsi energi baterai.


Aplikasi besutan pengembang spesialis aplikasi musik bernama MarksThinkTank ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan aplikasi musik dengan hanya menggerakan tangan di atas perangkat. Tanpa perlu menyentuh permukaan layar perangkat, Anda dapat memainkan/mematikan musik, memilih lagu dalam playlist, serta mengatur volume.


Sayangnya aplikasi ini memiliki sedikit keterbatasan. Dengan menggunakan teknologi proximity sensor, aplikasi ini tidak bisa menentukan ke arah mana Anda melambaikan tangan. Untuk mengatasi hal tersebut, developer Wave Control menggunakan jumlah lambaian tangan sebagai input perintah. Satu lambaian tangan untuk mendengarkan lagu berikutnya, dua lambaian untuk lagu sebelumnya, lalu tiga lambaian untuk menonaktifkan aplikasi.


Selain itu, aplikasi ini juga mampu digunakan untuk menerima dan melakukan panggilan telepon.


Saat ini Wave Control telah tersedia secara gratis di Google Play Store. Namun, untuk mendapatkan versi Wave Control dengan fitur lengkap (pro), Anda diharuskan membayar sebesar US$ 2.99 atau sekitar Rp 29 ribu. Seperti apa videonya? Anda bisa melihatnya dalam video di tautan ini. (dhi/gal)


0 komentar "Kendalikan Pemutar Musik di Android dengan Navigasi ala Iron Man", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar