Diduga 35 Persen 'Follower' Twitter @SBYudhoyono Palsu

Ditulis oleh: -

http://maharinfo.blogspot.com/\ JAKARTA -- Diduga 35 persen follower alias orang yang mengikuti kicauan akun Twitter milik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), @SBYudhoyono adalah palsu.


''Akun Twitter resmi Presiden SBY, @SBYudhoyono, memiliki 2,7 juta follower. Dari hasil tilikan tim peneliti, hanya 36 persen atau sekitar 972 ribu pengikut @SBYudhoyono yang aktif. Sisanya, sebesar 29 persen pengikutnya adalah akun pasif dan 35 persen diduga akun palsu,'' kata peneliti Prapancha Research Cindy Herlinmarta kepada http://maharinfo.blogspot.com/\ di Jakarta, Ahad (14/7).


Tidak hanya akun @SBYudhoyono yang diduga pengikutnya banyak palsu, sebagian politisi Indonesia lainnya juga diduga memiliki 'pengikut palsu' di Twitter. Akun Menkominfo Tifatul Sembiring, yang dikenal aktif ber-Twitter, diduga memiliki 34 persen pengikut palsu. Sisanya 43 persen tidak aktif, dan hanya 23 persen yang aktif.


Sementara itu, follower @hattarajasa (Hatta Rajasa) 35 persen juga diduga palsu, 39 persen tidak aktif, 26 persen aktif. Pengikut @prabowo08 (Prabowo Subianto), 34 persen diduga palsu, 40 persen tidak aktif, 26 persen aktif, lalu pengikut @aburizalbakrie (Abu Rizal Bakrie) 27 persen diduga palsu, 42 persen tidak aktif, 31 persen aktif.


''Akun palsu biasanya tidak memiliki pengikut dan memiliki satu-dua kicauan 'rekayasa' atautidak pernah berkicau sama sekali. Sedangkan akun pasif ialah akun dengan pengikut nyata, namun tidak pernah berkicau (tidak aktif),'' ujar Cindy.


Saat ini, praktik jual-beli akun palsu memang sangat marak. Diungkapkan Cindy, sejauh pantauan tim peneliti, harga jual yang ditawarkan penyedia jasa pengikut palsu merentang dari Rp 10-100 per follower. Dengan merogoh kocek Rp 50 ribu, misalnya, Anda bisa memperoleh 1.000 pengikut hanya dalam waktu 24 jam.


Namun, tentu saja akun-akun ini 'tidak memiliki kehidupan'. Akun palsu rata-rata tidak memiliki pengikut, tidak atau hanya sedikit berkicau, sehingga cukup mudah diidentifikasi.



0 komentar "Diduga 35 Persen 'Follower' Twitter @SBYudhoyono Palsu", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar